Selasa, 19 November 2013

BERAPA LAMA LAGI WAKTUMU – sebuah mini drama


oleh : Hartati Eko Wardani


(SUASANA DI TERAS RUMAH KOST)

Arif                        :  Malming begini sendirian bosan nih, enaknya ngapain ya?
Haryanto             : Gimana kalo karaoke?
Arif                        : Ah bosan, minggu lalu kan kita sudah kesana..
Haryanto             : Iya ya, emm, gimana kalo main bilyard aja?
Arif                        : Punya duit nggak kamu? Kantongku kempes nih..
Haryanto             : Lho bukannya kamu habis gajian?
Arif                        : Udah habis buat nraktir Yuli, kan kemarin dia ulang tahun
Haryanto             : Nah, dia yang ultah kok kamu yang kluar duit?
Arif                        : Nah kan dia pacar aku. Harga diri men.. (TERTAWA)
Haryanto             : (MENGHELA NAFAS) trus kita ngapain nih, masak malmingan di rumah doang? Pacar-pacar kita pada pergi semua lagi... Aah, nongkrong di cafe aja yuk, ngopi-ngopi aja, yg murah meriah sambil nonton hiburan. Aku yang traktir deeh..
Arif                        :Hmmm... ya udah deh daripada nggak ada kerjaan, eh tapi bener bayarin ya..
Haryanto             : Berees ...

(TIBA-TIBA UDIN KELUAR DARI DALAM RUMAH)

Arif                        : Eh Udin, mau kemana?
Udin                      : Mau ke masjid, persiapan sholat Isya, sepuluh menit lagi adzan. Ikut yuk, kan skalian menghadiri pengajian dalam rangka menyambut bulan Muharram.

(ARIF DAN HARYANTO SALING BERPANDANGAN)
Arif                        : Nggak deh, kamu aja berangkat sendiri. Kita lagi mau nongkrong di cafe. Suntuk gak ada kerjaan.
Udin                      : (TERSENYUM) daripada ke cafe, mending ke masjid aja bang, gratis gak keluar duit. Deket, tinggal jalan kaki gak nyampai 5 menit. Pahalanya besar lagi. Eh btw, nggak pada sholat dulu nih?
Arif                        : Aah, Isya kan waktunya panjang, ntar aja pulang ngafe.
Haryanto             : Rif, aku pergi duluan ke atm ya, ntar aku balik lg.
Arif                        : Ok Har. Cepetan ya.

(HARYANTO MENSTARTER MOTORNYA DAN PERGI DARI KOST ARIF)

Udin                      :  Udah bang, sholat aja dulu, paling 10 menit juga kelar.  Yuuk bareng...
Arif                        :  Nanti aja Din, bentar lagi Haryanto dateng nih, kan gak enak kalo dia datang aku malah ke masjid.
Udin                      : Ntar nyesel lo bang. Waktu kita hidup ini sangat sempit. Mari kita manfaatkan waktu ini sebaik mungkin untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.  
Arif                        : Iya aku tahu, aku sholat kok 5 waktu, walau kadang gak tepat waktu. Puasa ramadhan aku jalani, zakat fitrah juga. Cuma hajinya aja yang belum.
Udin                      :  Emang abang yakin semua amalan itu diterima Allah?
Arif                        : Ya mana ku tahu?
Udin                      : Ya semoga aja ya bang, Allah menerima semua amal baik kita. Tapi dosa-dosa kita kan juga sudah terlalu banyak. Gak imbang banget sama amalan kita. Makanya kita harus melakukan ibadah lain, seperti baca Qur’an misalnya. Bisa baca Qur'an nggak?
Arif                        : Ya, sedikit sedikit... Sudah lama nggak ngaji.
Udin                      : Kenapa nggak diterusin ngajinya bang? Baca Qur'an itu pahalanya besar lho. Tiap hurufnya berpahala. Bisa jadi cahaya bagi kita di alam kubur.
Arif                        : Malu Din, sudah setua ini masak ngaji Iqra 4. Ntar diketawain sama anak-anak kampung.
Udin                      : (TERTAWA) kan bisa panggil guru privat bang. Ada temen Udin yang guru ngaji tuh kalo mau ntar Udin suruh kesini ya.
Arif                        : Eh, nggak usah Din. Lagian waktunya sempit. Akhir-akhir ini aku sibuk banget. Senin sampai Jumat aku harus ke kampus dari pagi sampai siang, trus kerja part time sampai maghrib. Sabtu-Minggu ngelatih anak2 sepak bola sampai hampir magrib juga. 
Udin                      : Habis magrib bisa doong...
Arif                        : Ya capek lah Diin... Badanku kan perlu istirahat.
Udin                      : Lah, kalo capek kenapa sekarang malah mau ke cafe?
Arif                        : Beda lah Diin... Ke cafe itu bikin fresh, minum kopi sambil nonton band. Capek jadi ilang. Kalo ngaji bawaannya ngantuk, tambah capek aja.
Udin                      : (GELENG-GELENG) Smoga abang segera mendapat hidayah dari Allah. Saat ini banyak ahli kubur yang menjerit-jerit ingin dikembalikan ke dunia bang, mereka ingin beribadah lebih banyak. Mereka sudah menyia-nyiakan waktu luang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
Arif                        : Kamu ngapain sih Din, cerita-cerita soal ahli kubur segala, kayak mau mati aja.
Udin                      : Lho, kita ini sama sekali nggak tahu berapa lama lagi akan hidup di dunia ini bang. Bisa jadi masih 10 th lagi, atau setahun, atau sebulan, seminggu, sehari, bahkan bisa jadi dalam beberapa jam ke depan.
Arif                        : Iya, iya pak ustaadz... Sudahlah, cukup ceramahnya.  Aku buru-buru nih. Kamu sendiri katanya mau sholat, kok sempet-sempetnya tausiyah.
Udin                      : Ok deh bang, Udin Cuma ngingetin aja kok. Udin cabut dulu ya. Assalamu'alaikum
Arif                        : Wa'alaikum salam.... (BERBISIK) Brengsek si Udin, orang mau seneng-seneng kok dilarang. Wah, mana ini si Haryanto, ATM kan Cuma beberapa meter aja dari sini. Kok gak balik-balik? Jangan-jangan pulang dulu lagi dia...

(TIBA-TIBA TELEPON RUMAH BERDERING, TERDENGAR SUARA WANITA DENGAN NADA PANIK)
Sinta                     : Halo, ini mas Arif ya? Mas, ini Sinta tetangga sebelah mas! Barusan saya ngantri di ATM dekat rumah, saya lihat temen mas Arif yang suka main ke kosan itu, siapa ya namanya, emm... Haryanto ya? Dia lagi naik motor, kayaknya mau ke ATM juga. Tahu-tahu ada mobil ngebut kenceng banget nabrak motornya mas.  Temen mas itu jatuh ngguling-guling. Banyak yang lagi nolongin nih kang, tapi kayaknya dia meninggal di tempat kejadian. Mas cepetan ke sini ya!
Arif                        : Apaa?! (TUBUH ARIF LEMAS, GAGANG TELEPON TERLEPAS DARI GENGGAMANNYA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar